Sindrom Gilbert Muncul Akibat Bilirubin Tinggi

Jika Anda atau siapapun pernah mengalami sakit tertentu, misalnya cacar bagian tubuh luar yaitu kulit biasanya akan muncul bintik-bintik cacar. Salam seperti hal tersebut, akibat kelainan dari Sindrom Gilbert mata seseorang dapat berwarna kuning akibat dari kadar bilirubin yang tinggi, seperti Hepatitis A.

Sindrom Gilbert Muncul Akibat Bilirubin Tinggi

Dilansir lama mayo clinic, gangguan pada hati yang mungkin belum Anda ketahui adalah Sindrom Gilbert. Sindrom tersebut muncul saat hati tidak menjalankan fungsinya dengan baik. Terutama pada saat hati memproses zat yang disebut bilirubin.

Bilirubin merupakan zat yang berupa pigmen kekuningan, dan dibuat dari organ hati ketika tubuh secara alami melakukan penghancuran sel darah merah yang telah menua. Dengan sendirinya bilirubin berjalan melalui aliran darah menuju organ hati. Biasanya bilirubin ini dipecah oleh enzim yang ada di sel hati dan kemudia hilang dari aliran darah. Setelahnya baru dieksresikan dalam tinja.

Anda bisa mengetahui tanda dari adanya Sindrom Gilbert, harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Biasanya pemeriksaan akan dilakukan lewat tes darah, dan jika tes darah menunjukkan bahwa kadar bilirubin tinggi, bisa jadi itu adalah tanda dari Anda mengalami sindrom ini.

Namun tidak perlu khawatir, Sindrom Gilbert tidak berbahaya dan bahkan bisa hilang dengan sendirinya.

Berikut adalah cara yang bermanfaat dilakukan untuk megurangi resiko dari Sindrom Gilbert, diantaranya :

— Mengkonsumsi makanan yang sehat dengan banyak makan buah dan sayuran. Hindari melewatkan makan, makanlah secara rutin dan hindari diet rendah kalori.
— Pandai dalam mengelola stress, Sindrom gilbert bisa muncul ketika Anda stress, belajarlah untuk menenangkan diri.

Baca lainnya : Ketahui Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *