Tanda-tanda Menstruasi Anda Tidak Normal

Menstruasi pada wanita, adalah ‘tamu wajib’ yang normalnya datang sebulan sekali dalam waktu kurang lebih satu minggu. Membahas Menstruasi, tidak lepas dari sakit perut yang muncul, yang menjadi ciri khas Anda memasuki atau sedang dalam masa Menstruasi tersebut dan sakit perut yang muncul saat Menstruasi masih bisa disebut sebagai tanda Menstruasi yang normal jika sakitnya tidak terjadi berkelanjutan.

Tanda-tanda Menstruasi Anda Tidak Normal

Ada cara yang sebenarnya cukup bisa diketahui sebagai tanda apakah Menstruasi yang sedang didalami termasuk normal, atau tidak normal. Maksud dari Menstruasi tidak normal disini berkaitan dengan gejala suatu penyakit, atau ada masalah kesehatan yang terjadi di organ reproduksi wanita. Untuk mencari tahu apakah menstruasi yang Anda alami normal atau tidak, ketahui tanda-tanda dari Menstruasi dalam kategori tidak normal berikut ini.

  • Nyeri Menstruasi yang parah.

Seperti yang dijelaskan di awal, jika nyeri Menstruasi sebenarnya adalah hal wajar jika terjadi pada hari pertama dan kedua Menstruasi. Namun, jika nyeri yang dirasakan sangat parah hingga menyebabkan Anda kesulitan hanya untuk bangun dari tempat tidur, sebaiknya periksakan kembali kondisi ini di klinik kesehatan. Dalam medis dikatakan, jika nyeri Menstruasi yang hebat, biasanya merujuk pada tanda Anda mengalami Endometriosis.

  • Mengalami siklus Menstruasi yang terlambat, sebanyak 3 kali berturut-turut.

Dikatakan menurut para ahli, jika Anda mengalami sikuls Menstruasi terlambat hingga lebih dari 90 hari, kondisi tersebut sudah tidak normal. Kecuali jika kondisi Anda adalah masih remaja yang baru awal-awal memasuki Menstruasi, baru melahirkan, sedang menyusui dan menjelang masa Menopause. Selain itu, penyebab telat Menstruasi lainnya terkait dengan faktor diet, efek dari alat kontrasepsi hingga penyakit Kanker Serviks.

  • Darah Menstruasi yang keluar lebih dari 7 hari.

Pada umumnya, Menstruasi berlangsung hingga 5 hari. Jika darah Menstruasi keluar lebih dari 7 hari, segera lakukan check-up.

  • Darah keluar diantara siklus Menstruasi.

Dikutip dari Mayo Clinic, keluarnya darah dari Miss V saat sedang tidak dalam masa Menstruasi penyebabnya bisa sangat beragam, dan kondisi ini umumnya berkaitan dengan sistem reproduktif. Penting untuk selalu mencatat atau setidaknya menandai siklus Menstruasi Anda setiap bulannya agar bisa memperhatikan normal tidaknya darah yang keluar dari Miss V.

  • Susah atau sakit saat buang air kecil.

Gejala yang satu ini merupakan salah satu gejala dari penyakit berbahaya, yaitu Kanker Rahim. Kanker Rahim membuat mulut rahim Anda membengkak dan menekan ke kandung kemih, sehingga saat ketika buang air kecil Anda akan merasa kesulitan atau kesakitan.

Baca lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *