Teripang Asal Indonesia Disukai Singapura Hingga China

Beberapa tahun kebelakang teripang atau lebih dikenal dengan sebutan timun laut asal Indonesia mulai diminati oleh negara tetangga. Negara-negara seperti Thailand, China, Singapura berebut teripang asli Indonesia. Kenapa begitu? Karena berdasarkan penelitian dinyatakan oleh para ahli berbagai negara, bahwa teripang adalah hewan laut yang memiliki manfaat luar biasa, terutama dalam kesehatan dan pemenuhan gizi. Nah, jenis-jenis teripang yang hidup disekitar samudera Fasifik termasuk Indonesia, adalah jenis teripang terbaik yang sekarang ini mulai banyak di budidayakan menyusul banyaknya pemesanan entah itu dari negeri sendiri bahkan dari luar negeri.

Teripang Asal Indonesia Disukai Singapura Hingga China

Rupanya hal ini juga berkaitan dengan penelitian teripang yang mengumumkan bahwa teripang bermanfaat dalam pencegahan kanker.

Salah satu pengusaha teripang di Indonesia, selaku CEO dari LiveWell Global, Bambang Muliana, menyatakan bahwa konsumsi teripang di Indonesia memang cukup tinggi. Sebagai orang yang menjalankan industri dalam bidang kesehatan, Bambang Muliana mengaku bahwa LGW bahkan menggunakan teripang sebagai salah satu bahan utama dalam minuman kesehatan yang diproduksinya.

Menurutnya, konsumsi teripang di Indonesia cukup tinggi. Sebagai industri yang bergerak di bidang kesehatan, Bambang mengaku salah satu produk yang dikelolanya juga memanfaatkan teripang sebagai bahan utama minuman kesehatan.

Dalam wawancaranya dengan okezone, beliau menyebut bahwa teripang sesungguhnya memiliki efek antiradang terhadap jenis penyakit seperti Arthritis, Pencegahan Kanker dan menghambat sel kanker. Tidak hanya itu, kandungan utama dalam teripang seperti Protein, Mukopolisakarida, Glucosamine, Chondroitin Sulfat berperan banyak dalam mengurangi efek dari radang. Teripang juga memiliki kandungan efek antikoagulan yang artinya mencegah darah kental, dan mempercepat proses penyembuhan luka seperti halnya antiseptik.

Jika mengkonsumsi teripang secara rutin, bukan tidak mungkin Anda akan merasakan manfaat yang luar biasa dari teriupang untuk tubuh. Terutama jika Anda memiliki masalah kesehatan pada persendian, akan terasa jelas perbedaan yang Anda rasakan saat sebelum dan sesudah mengkonsumsi teripang.

Di Indonesia sendiri teripang banyak berkembangbiak pada musim tertentu, dimana saat suhu air laut juga menentukan cepat lambatnya pertumbuhan teripang. Karena suhu air laut Indonesia yang cenderung hangat, jadi proses reproduksi teripang juga lebih cepat dan teripang yang dihasilkan akan berbentuk lebih besar, berbeda jika kondisi air laut yang terlalu tinggi yang akan menghasilkan teripang dengan kurus-kurus.

Saat ini, di Indonesia sudah banyak sekali olahan minuman kesehatan yang berasal dari teripang. Salah satunya adalah QnC Jelly Gamat, produksi Indonesia yang juga memanfaatkan teripang emas (termasuk species keunggulan), menjadi kandungan utama di dalamnya.

Yuk baca lagi tentang: QnC Jelly Gamat Inovasi Terbaru Pengobatan Herbal Indonesia

Itu dia, seputar teripang yang kini banyak peminatnya yang bukan dilihat dari rasanya saja tapi dari manfaat luar biasa yang dimilikinya.

Semoga bermanfaat, salam!

Baca juga : Penyebab Stroke Ringan Terjadi Pada Usia Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *