Tips Lancar Berpuasa Untuk Penderita Diabetes

Saat datangnya bulan Ramadhan, adalah saat-saat yang ditunggu sebab pada bulan yang penuh berkah ini kita berlomba-lomba untuk saling meningkatkan keimanan dan amal perbuatan baik. Siapapun muslim di manapun mereka berada, sudah sepatutnya turut menjalankan ibadah puasa. Namun berbeda jika muslim tersebut dalam kondisi sakit parah dan tidak sanggup untuk berpuasa. Bukan masalah besar, asal dikemudian hari puasa tersebut dibayar sesuai dengan ketentuannya.

Tips Lancar Berpuasa Untuk Penderita Diabetes

Pada pasien penderita Diabetes, puasa selain ibadah juga merupakan tantangan tersendiri. Pasalnya, ada kekhawatiran tersendiri akan penyakit dan membuat puasa terhambat. Akan tetapi, selama pasien Diabetes disiplin dan terlatih mengikuti anjuran dokter, ama puasa juga bukan halangan yang memberatkan bagi mereka.

Seperti yang dikatakan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Evasari Jakarta, dr M. Heru Dento SpPD, bahwa dalam pengaturan pola makan penderita Daiebetes, merupakan salah satu kunci dari keberhasilan untuk menjalankan puasa dengan lancar. Pada prinsipnya dikatakan jika puasa hanya memindahkan waktu makan saja.

Adapun waktu yang tepat untuk makan bagi penderita Diabetes, tidak lain adalah 6 kali, yaitu 3 kali makanan utama dan 3 kali makanan selingan.

Selama berpuasa, pasien Diabetes dianjurkan untuk mengubah waktu makan antara pagi, siang dan malam menjadi saat waktu berbuka puasa, makan tengah malam dan makan sahur. Selain itu, dianjurkan untuk diselingi dengan 3 camilan yang dilakukan saat-saat jam makan utama.

Jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita Diabetes saat berpuasa adalah jenis makanan yang menghasilkan energi secara lambat seperti gandung, nasi, kacang-kacangan, semolina. Hindari asupan makanan dengan kandungan asam jenuh yang tinggi.

Penderita Diabetes juga penting untuk tidak mengabaikan asupan cairan. Pastikan untuk tetap mencukupi kebutuhan cairan baik setelah berbuka dan menjelang imsak. Salah satu kekhawatiran oleh penderita Diabetes adalah Hipoglikemi, yang merupakan kondisi saat kadar gula darah yang lebih rendah daripada kadar normal. Kondisi ini ditandai dengan gejala rasa lapar hebat, berdebar-debar, lemas, dan gemetar.

Penderita Diabetes bisa melakukan olahraga ringan setelah Shalat Subuh atau sore hari menjelang berbuka. Tetap sehat saat berpuasa untuk penderita Diabetes, tidak sulit bukan? Selamat berpuasa. 🙂

Posted by Obat QnC Jelly Gamat Khasiat Alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *