Tips Sederhana Untuk Membantu Menurunkan Kolesterol

Tingginya kadar kolesterol pada seseorang tidak ditentukan dengan berat badan, tinggi badan dll. Tapi menurut kebiasaan yang dilakukan, pola hidup yang dijalani dan makanan yang dikonsumsi.

Fungsi dari Kolesterol pada tubuh sebenarnya membantu memproduksi membran sel tertentu, yang merangsang produksi sebuah hormon yang membantu penyerapan Vitamin D di dalam tubuh. Namun jika kadar Kolesterol ini banyak, malah dapat membentuk plak dan akhirnya menghambat aliran darah.

Tips Sederhana Untuk Membantu Menurunkan Kolesterol

Walaupun sudah banyak orang yang sadar akan bahaya dari Kolesterol tinggi, namun masih banyak orang yang terlihat tidak terlalu peduli tentang bahaya Kolesterol dan masih santai jika mengkonsumsi makanan dengan kadar Kolesterol tinggi dan berlebih. Padahal, tidak terlalu sulit untuk menghindari Kolesterol yang berlebihan.

Seperti dilansir Boldsky, berikut Tips Sederhana Untuk Membantu Menurunkan Kolesterol, diantaranya :

1. Menghindari lemak trans.

Langkah paling mudah namun mungkin agak susah dilakukan sebagian orang adalah menghindari untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak trans tinggi seperti pizza, burger, keripik, cake dan makanan yang digoreng. Lemak trans ini merupakan salah satu penyebab tertinggi naiknya kadar Kolesterol.

2. Memilih makanan sumber Protein.

Daripada memilih makanan dengan sumber lemak trans, lebih baik mengkonsumsi makanan dengan kandungan Protein. Makanan dengan kandungan Protein dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Contoh makanan yang memiliki kandungan Protein tinggi dan direkomendasikan untuk dikonsumsi antara lain daging tanpa lemak seperti dada ayam dan ikan.

3. Mengkonsumsi gandum.

Cara terbaik lainnya dalam menurunkan Kolesterol adalah mengkonsumsi gandum setiap sarapan. Gandum memiliki kandungan serat yang disebut Glukan yang dapat membantu penurunan Kolesterol tinggi dalam tubuh.

4. Olahraga.

Jika ingin hidup lebih sehat, olahraga tetap tidak boleh terlewatkan. Olahraga dengan aktivitas fisik teratur setiap hari sangat membantu menurunkan Kolesterol. Tidak perlu olahraga terlalu berat, mulailah dengan latihan setidaknya 15 menit saja per hari.

5. Maengkonsumsi buah.

Karena buah termasuk salah satu makanan sehat, maka usahakan agar menyertakan selalu buah-buahan di menu makanan Anda. Sebagian besar buah kaya antioksidan dan serat yang dapat menyingkirkan Kolesterol berlebih.

6. Mengkonsumsi kayu manis.

Menurut sejumlah penelitian, kayu manis dikatakan sebagai obat alami yang ampuh untuk mengatasi Kolesterol tinggi. Tambahkan kayu manis di dalam makanan kesukaan Anda seperti teh dan kopi.

Artikel terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *