Tips Sehat Bebas Dari Gangguan Sembelit

Gangguan sembelit bisa terjadi pada siapapun, namun biasanya lebih banyak terjadi pada wanita daripada pria. Walaupun termasuk masalah kesehatan yang umum terjadi, namun beberapa orang didapati mengalami ganggan sembelit kronis, sehingga membuat mereka cukup kesulitan untuk melakukan aktivitas keseharian.

Tips Sehat Bebas Dari Gangguan Sembelit

Tanda-tanda dari seseorang menderita sembelit mudah saja diketahui. Gejala diantaranya adalah :

  • Buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu.
  • Feses yang keras atau menggumpal.
  • Mengejan kuat saat buang air besar.
  • Merasakan seperti adanya sumbatan di anus yang menghalangi keluarnya feses.
  • Merasakan pengeluaran kotoran / feses tidak tuntas.
  • Memerlukan bantuan dalam mengosongkan anus seperti menekan perut dengan menggunakan tangan atau jari-jari agar kotoran bisa keluar.

Jika gejala tersebut tidak tidak membaik selama 3 bulan, maka artinya kondisi sembelit sudah kronis dan perlu penanganan khusus.

Pada umumnya, faktor penyebab dari sembelit yang biasanya terjadi, antara lain :

  1. Terjadi gangguan pada otot-otot yang terkait dengan proses BAB seperti ketidakmampuan dalam merelaksasikan otot-otot panggul (yang diperlukan untuk mengeluarkan kotoran), otot panggul yang melemah dan tidak berkontraksi dengan benar.
  2. Mengalami gangguan pada saraf-saraf disekitar usus besar dan anus. Seperti adanya cedera di tulang belakang saraf, Stroke, penyakit Parkinson, dan lainnya.
  3. Adanya hambatan pada usus besar ataupun anus. Semisal adanya luka di anus, obstuksi pada usus, kanker usus besar, kanker anus dan lainnya.
  4. Kondisi lain yang mempengaruhi seperti hormon tubuh, Diabetes, kehamilan hingga gangguan Hipertiroidisme.
Simak Tips Sehat Bebas Dari Gangguan Sembelit berikut ini.

— Hindari kebiasaan menunda-nunda saat ingin buang air besar.

Kebiasaan menunda saat ingin buang air besar, dapat mengganggu proses pengosongan usus, yang nantinya malah akan membuat sembelit makin parah.

— Minum cairan yang cukup.

Tetap mengonsumsi air putih secara cukup setiap harinya. Cara ini dapat membantu melunakkan kotoran / feses Anda.

— Konsumsi makanan tinggi serat.

Serat membantu tubuh membentuk kotoran / feses yang lebih lunak. Rekomendasi makanan berserat yang bisa dikonsumsi adalah kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran. Sebaiknya hindari keju, daging, dan makanan yang mengalami pemrosesan (misalnya diasap).

— Berolahraga.

Tidak hanya bagi penderita sembelit saja, olahraga sangat penting dan bahkan dianjurkan bagi penderita sembelit kronis. Dengan bergerak aktif, dapat membantu menstimulasi aktivitas usus. Sebaiknya, hindari duduk dan tidur-tiduran terlalu lama.

— Penggunaan obat laksatif.

Sebaiknya konsumsi bat-obatan laksatif hanya digunakan sebagai upaya terakhir. Jika cara-cara di atas sudah dilakukan namun tidak berhasil. Sebelum mengonsumsinya, sebaiknya harus tetap dikonsultasikan dulu kepada dokter.

Jika gangguan Sembelit Anda tidak kunjung sembuh dengan tips-tips diata, jangan ragu untuk menemui dokter dalam berkonsultasi dan pengobatan.

Posted by Obat QnC Jelly Gamat Khasiat Alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.