Tips Terbaik Untuk Mengatasi Heartburn Hamil

Dalam kehamilan ibu hamil, seringkali diselingi beberapa keluhan, misalnya saja merasa sakit di bagian punggung. Hal ini normal saja, karena punggung mendapat tekanan lebih besar dari perut seiring bertumbuhnya janin di dalamnya. Selain itu, masalah yang terkadang disepelekan saat hamil adalah Heartburn. Dimana Heartburn merupakan kondisi ibu hamil yang merasakan panas pada bagian ulu hati dan dada.

Heartburn saat hamil umumnya terjadi pada saat kehamilan memasuki trimester ketiga. Kondisi ini tentu saja membuat ibu hamil tidak nyaman, rasanya seperti perasaan terbakar di bagian dada dan ditusuk-tusuk sesuatu yang tajam. Jika keadaan ini terjadi, salah-salah banyak orang beranggapan bahwa ini adalah gejala penyakit jantung.

Heartburn pada wanita hamil dipicu beberapa faktor, diantaranya adalah mengkonsumsi makanan terlalu pedas dan asam, makanan yang bersifat panas dan berlemak, minuman yang mengandung kaferin, coklat dan alkohol.

Tips Terbaik Untuk Mengatasi Heartburn Hamil

Sebelum harus dilakukannya pengobatan untuk mengatasi Heartburn, ada baiknya ibu hamil menatasi Heartburn dengan cara alami dan dapat diprakterkan dengan mudah. Berikut adalah rekomendasi terbaik dalam Tips Terbaik Untuk Mengatasi Heartburn Hamil.

1. Mulai menjaga pola makan.

Langkah pertama, untuk mengatasi Heartburn pada ibu hamil sangat disarankan untuk makan dalam porsi kecil namun sering. Hal ini bertujuan untuk mencegah perut kosong lebih lama sehingga asam lambung dapat dinetralisasi dengan baik. Dianjurkan untuk makan sebanyak 6 kali sehari dalam porsi yang kecil.

2. Menghindari makanan pemicu Heartburn.

Tips lainnya agar ibu hamil terhindar dari Heartburn adalah menghindari segala sesuatu yang menjadi pemicu datangnya penyakit tersebut, salah satu contohnya adalah makanan. Beberapa jenis makanan yang menjadi pemicu Heartburn pada ibu hamil diantaranya konsumsi banyak makanan berlemak, makanan berbumbu tajam, terlalu asam, makanan pedas, makanan atau minuman mengandung kaffein atau minuman yang mengandung soda.

3. Menghindari makan sebelum tidur.

Kebiasaan berbaring setelah makan dapat berakhibat pada terjadinya Heartburn saat hamil. Untuk itu, sebaiknya setelah makan jangan langsung tidur-tiduran, setidaknya tunggu 2-3 jam agar makanan tercerna dengan baik di dalam perut.

4. Banyak-banyaklah mengkonsumsi sayur dan buah.

Dalam mengatasi Heartburn saat hamil, ibu dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi sayur serta buah, terutama untuk buah pepaya dan juga air kelapa muda. Usahakan untuk menghindari buah pepaya yang masih mengkal.

5. Segeralah berbaring saat Heartburn terjadinya.

Saat Heartburn terjadi, segeralah berbaring dengan posisi tubuh paling atas, dada dan kepala lebih tinggi dibandingkan bagian perut. Posisi berbaring seperti ini bermanfaat untuk mencegah naiknya asam lambung menuju kerongkongan.

6. Menghindari pakaian terlalu ketat.

Sebaiknya ibu hamil tetap menggunakan pakaian yang longgar, karena jika menggunakan pakaian terlalu ketat dapat membuat Anda tersiksa saat mengalami heartburn. Selain itu penggunaan pakaian ketat juga memberikan tekanan yang besar pada perut yang dapat mengganggu janin.

Baca lainnya : Waspadai Penyebab Mengapa Ibu Hamil Muda Sakit Perut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *