Tips Untuk Menjaga Luka Jahitan Tetap Aman

Cara umum yang dilakukan tim medis untuk menutup luka terbuka akibat kondisi luka yang lebar dan dalam adalah dengan menjahit luka tersebut. Akan tetapi, sangat penting untuk Anda ketahui bahwasanya luka jahitan memerlukan perawatan yang khusus, agar luka jahitan tetap aman dan terjaga, sampai luka benar-benar sembuh.

Tips Untuk Menjaga Luka Jahitan Tetap Aman

Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menjaga luka jahitan tetap aman, diantaranya :

— Menghindari mengganti perban yang menutup luka selama 24 jam. Di hari kedua, barulah bersihkan luka dan ganti perban dengan yang baru.
— Setelah 24 jam setelah penjahitan pada luka, bersihkan luka jahitan dua kali sehari untuk mengurangi risiko terhadap infeksi. Bersihkan dengan air dan sabun lembut yang tidak mengandung parfum atau bahan iritan.
— Gunakan salep antibiotik sesuai dengan anjuran dan resep dokter.
— Hindari melakukan aktivitas lain yang dapat menyebabkan luka kotor, basah, atau terkena infeksi.
— Jaga luka jahitan agar tetap bersih dan kering. Hindari merendam luka dalam air. Pada saat mandi, hindarkan luka dari aliran air terlalu lama.
— Setelah mandi, segera bersihkan dan keringkan area jahitan agar tidak basah terutama dalam 24 jam pertama pasca penjahitan.
— Gunakan sarung tangan karet saat mencuci piring dan lainnya, jika luka terjadi pada area tangan.
— Hindari luka jahitan terpapar sinar matahari terutama di 6 bulan pertama. Sinar matahari ini bisa berdampak pada perubahan warna permanen pada luka.
— Gunakan produk atau obat yang diresepkan dokter. Anda mungkin pernah mendengar bahwa menggunakan salep/krim/gel Vitamin E ataupun lidah buaya dapat meminimalkan bekas luka. Akan tetapi, belum ada hasil penelitian yang menunjukkan efektivitas bahan-bahan tersebut dalam menangani bekas luka.

Semoga artikel diatas bermanfaat, salam!

Baca lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *