Ulasan Mengenai Penyebab Terjadinya Perlemakan Hati

Organ hati, salah satu bagian dalam tubuh yang cukup penting ini juga bisa rusak atau terkena gangguan disebabkan oleh beberapa faktor, paling banyak disebabkan oleh Hepatitis dan Diabetes, lalu juga kelebihan lemak di hati. Nah, kelebihan lemak pada organ hati ini mungkin tidak banyak yang mengetahuinya, namun karena hal satu ini, organ hati dapat mengalami gangguan dan masalah kesehatan, serta termasuk kedalam gangguan yang harus diwaspadai.

Ulasan Mengenai Penyebab Terjadinya Perlemakan Hati
Prof Michael Roden, seorang Direktur Departemen Endokrinologi dan Diabetologi di Rumah Sakit Universitas Dusseldorf bersama dengan rekan-rekan berliau, menelti tentang fungsi dari mitokondria, yang merupakan sumber energi dari sel hati yang sehat juga sakit. Mitokondria sendiri adalah sebuah sel yang mengatur pembakaran nutrisi dalam tubuh, termasuk nutrisi dan asam lemak.

Dalam sebuah penelitian, 41 penderita diabetes dengan obesitas perlemakan hati (fatty liver), dalam berbagai tahap penyakit. Hasil dari penelitian tersebut didapat fakta bahwa secara signifikan aktifitas sel Mitokondria pada pasien obesitas dengan perlemakan hati meningkat dengan cepat. Keadaan sebaliknya terjadi, ketika hati mengalami peradangan dan kinerja Mitokondria akan berkurang, rusak karena kelelahan.

Perlemakan hati terjadi para 75% orang-orang obesitas, 20% nya menderita Hepatitis non-alkohol lalu 2-3% nya terjadi pada mereka yang menderita sirosis hati.

Penting untuk diketahui kalau perlemakan hati ini bisa menyebabkan kerusakan hati permanen. Akibatnya hati akan benar-benar kehilangan fungsi dan berpotensi akan menimbulkan masalah kesehatan lain di pencernaan.

Semoga bermanfaat, salam sehat !

Ulasan Mengenai Penyebab Terjadinya Perlemakan Hati |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *