Ulasan Singkat Mengenai Penyebab Dan Gejala TBC Tulang Belakang

Taukah Anda bahwa penyakit TBC tidak hanya terjadi para paru-paru namun juga pada tulang belakang. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Ulasan Singkat Mengenai Penyebab Dan Gejala TBC Tulang Belakang
TBC atau Tuberculosis/Tuberkulosis sendiri merupakan kondisi dimana paru-paru termasuki bakteri yang disebut dengan Mycobacterium tuberculosis. Dalam kondisi tertentu bakteri tersebut bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya melalui aliran darah termasuk tulang belakang. Dan dari sinilah awal mula TBC Tulang belakang berasal.

Bakteri yang menyerang tulang belakang ini menyerang pada tulang belakang yang berada di bagian atas setinggi iga dada pada bagian rendah. Jika bakteri tersebut menyebar ke bagian 2 vertebra yang berdekatan, maka bisa dipastikan dapat terjadi intervertebralis atau infeksi pada bantalan diantara dua vertebra.

Pada dasarnya, bantalan tersebut tidak memiliki pembuluh darah yang dapat dialiri nutrisi. Akan tetapi berbeda cerita jika bantalan tersebut kemudian terinfeksi dan secara perlahan makan kematian sel-sel diskus terjadi dan akhirnya bantalan mengempis. Setelah ini terjadi maka kedua bantalan tersebut saling menempel satu sama lain dan menyebabkan tulang belakang kehilangan kelenturannya hingga menyebabkan kerusakan. Kejadian seperti ini akan membuat orang tersebut mengalami kesulitan dalam bergerak.

Seseorang yang menderita TBC Tulang akan mengalami beberapa gejala, seperti merasakan sakit punggung di bagian tertentu, mengalami kelainan saraf, mengalami penurunan berat badan yang drastis atau Anoreksia, menyebabkan penderitanya Kifosis atau bungkuk disertai pembengkakan paravertebral, lalu tubuh kaku dan tegang, mengalami demam dan tubuh berkeringat saat malam hari dan sampai memunculkan benjolan pada bagian selangkangan yang terkadang dikira sebagai penyakit Hernia.

Jika kondisi tersebut muncul pada siapapun, Anda ataupun keluarga sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter atau rumah sakit untuk memperjelas apakah gejala yang dialami termasuk kedalam gejala penyakit TBC Tulang atau tidak.

Ulasan Singkat Mengenai Penyebab Dan Gejala TBC Tulang Belakang |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *