Waspadai Penyebab Mengapa Ibu Hamil Muda Sakit Perut

Kehamilan pada wanita adalah sebuah anugerah, dan menjadi penyempurna dalam keluarga karena akan kedatangan sang buah hati yang akan membuat semakin hangat hubungan antara suami dan istri. Namun dalam kehamilan, sayangnya tidak selalu berjalan dengan baik. Ada sebagian kasus dalam kehamilan yang pasti memiliki masalah di kehamilannya. Salah satunya adalah keadaan ibu hamil yang sering mengalami sakit perut. Atau pada ibu hamil muda yang sering mengalami sakit perut. Hal ini mau tidak mau menjadi salah satu kekhawatiran tersendiri bagi ibu. Lalu apakah penyebab semua sakit perut yang terjadi saat ibu hamil muda berbahaya? Apakah perlu sampai mendapat penanganan dokter?

Menjawab kekhawatiran tersebut, inilah penyebab mengapa ibu hamil muda sakit perut seperti yang dilansir dari laman zona kesehatan, apa saja? Berikut ini selengkapnya.

Waspadai Penyebab Mengapa Ibu Hamil Muda Sakit Perut

Sakit perut pada ibu hamil muda dapat terjadi karena beberapa faktor, diantaranya :

— Gangguan pencernaan.

Apakah sakit perut saat hamil muda berbahaya? Mungkin ini salah satu pertanyaan yang ditanyakan hampir semua wanita yang pertama kali hamil dan kemudian mengalami sakit perut. Penyebab paling umum pada ibu hamil muda yang mengalami sakit perut adalah gangguan pencernaan biasa, dan tidak berbahaya.

— Kehamilan Ektofik.

Penyebab kedua cukup perlu diwaspadai karena bisa saja ibu hamil muda yang mengalami sakit perut akibat kondisi kehamilan Ektifik. Kehamilan Ektofik ini ditandai dengan rasa kram pada perut bagian bawah. Jika hal ini sering terjadi sebaiknya segera konsultasikan pada dokter kandungan untuk mengetahui tindakan apa yang harus diambil.

— Batu empedu.

Penyebab sakit perut yang ketiga dirasakan ibu hamil, jika pada perut bagian bawah menandakan adanya kelainan di batu empedu. Batu empedu ini menyeabbkan masa kehamilan tidak akan berjalan dengan normal.

— Preeklamsia.

Jika sebelumnya ibu hamil memiliki riwayat penyakit Hipertensi, pada saat kehamilan di usia muda bisa saja mengalami sakit perut yang disebut dengan Preeklamsia. Preeklamsia merupakan salah satu penyebab sakit perut di kehamilan yang berbahaya. Dampaknya dapat berakibat buruk pada plasenta ibu hamil. Selain itu Preeklamsia juga menyebabkan perubahan pada keadaan otak, ginjal dan hati.

— Sakit perut akibat rusuk yang meregang.

Karena kehamilan, kandungan yang akan semakin membesar dapat membuat rusuk mengalami peregangan. Hal ini normal saja dialami ibu hamil dan tidak akan berbahaya.

— Sindrom HELLP.

Sakit perut pada ibu hamil muda yang terindikasi berbahaya lainnya adalah Sindrom HELLP. Biasanya sindrom ini menyerang pada usia kandungan berjalan 3 bulan. Sakit perut yang terjadi akibat Sindrom HELLP menyeabbkan kram dan terasa kencang pda perut kanan atas. Bahaya lainnya, sindrom ini dapat mempengaruhi janin.

— Kontraksi Braxton Hicks.

Kontraksi Braxton Hicks adalah penyebab lainnya yang membuat ibu hamil muda merasakan sakit diperutnya. Tapi tenang, kontraksi ini tidak berbahaya dan hal ini adalah proses alami dalam kehamilan Anda. Biasanya Kontraksi Braxton Hicks terjadi saat usia kehamilan memasuki trimester kedua.

— Keguguran.

Penyebab terakhir ibu hamil mengalami rasa sakit di perut saat hamil muda adalah janinnya keguguran. Hal ini sudah pasti berbahaya, keguguran akan ditandai dengan rasa nyeri dan kram pada perut yang disertai tubuh lemas diikuti dengan pendarahan.

Baca juga : Mengatasi Pendarahan Rahim Dengan Obat Herbal

Waspadai Penyebab Mengapa Ibu Hamil Muda Sakit Perut |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *